1st angelhack – ANYONE.CAN.CODE – di Indonesia

1st angelhack – ANYONE.CAN.CODE – di Indonesia

Angelhack merupakan satu event kompetisi dimana mereka mempertemukan DESAINER + ENTERPRENUER + HACKER (CODE) untuk bersatu dalam membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk masyarakat. Angelhack ini merupakan event dari negara paman sam – USA.

Background Angelhack
Background Angelhack

Tahun 2016 ini merupakan tahun yang membangkan bagi Indonesia lebih khusus lagi kota SURABAYA. Kenapa? Karena Tahun 2016 ini, Surabaya Bisa didatengi ANGELHACK untuk dipercaya menjadi tempat ajang Para Programmer membuat suatu aplikasi bersama-sama dalam waktu kurang dari 2 hari. Tahun ini merupakan tahun ke 4 penyelenggaraan ANGELHACK. Tahun lalu event ini diikuti 10000 orang di 40 kota dan tahun 2016 ini diikuti 15000 orang di 60 kota didunia.

Di Surabaya tercatat 150+ pendafatar yang mengikuti event ini, tetapi yang dapat hadir hanya 96 orang. Moto dari ANGELHACK sendiri adalah ANYONE.CAN.CODE, dimana setiap orang, semua orang dari umur berapapun akan diperbolehkan mengikuti event ini. Di Surabaya, diikuti oleh remaja sampai dengan orang yang sudah tua.

Peserta angelhack
Peserta angelhack
Peserta angelhack
Peserta angelhack

ANGELHACK 2016 di Surabaya ini dibuka oleh KONJEN AS untuk Surabaya dan Ibu Walikota Surabaya – Tri Rismaharini. Selain itu juga dihadiri oleh Dubes AS untuk Surabaya Mr. Brandon dan juga oleh BRIAN COLLINS yan gmerupakan Chief Marketing Officer at ANGELHACK.

angelhack4
angelhack5
angelhack6
angelhack7
angelhack8

Hari pertama event ini, tanggal 28 Mei 2016 para peserta melakukan dua kegiatan utama, yang pertama yaitu menemukan tim masing-masing dan yang kedua adalah menentukan IDE aplikasi yang akan dibuat.

angelhack9

Setelah tahapan desain maka para tim melanjutkan dengan membuat program masing-masing. Dalam pengerjaannya semua tergantung dari tim masing-masing mulai dari yang conseptor dari aplikasi, Desainer, Programmer sampai dengan para enterprenuer yang akan bertanggungjawab pada Bisnis Model aplikasi yang ada.

angelhack10

Dihari kedua para tim masih tetap harus menyelesaikan project yang dikerjakan dihari pertama. Dan dihari kedua ini, akhirnya semua pengembang aplikasi harus berhenti jam 12.00 WIB siang dimana tindakan selanjutnya adalah mengupload data sesuai aturan yang ada di HACKATHON.IO. Disini Para pengembang harus membut Video Singkat Aplikasi yang sedang dikerjakan.

Selection_191

Akhirnya pada Pukul 14.00 masing-masing tim mempresentasikan aplikasi yang mereka bangun. Masing-masing tim hanya memiliki waktu 2 menit untuk presentasi dan 1 menit menjawab pertanyaan dari juri.

Selection_192Selection_193Selection_194

Akhirnya yang ditunggu tunggu pun daatang, yaitu pengumuman para pemenang. Dimulai dari Juara ke 3. Juara didapat oleh Tim SIAP MAGANG dari Teknik Informatika ITS. Juara Ke-2 didapat oleh Tim CRIME MAP yang merupakan Kolaborasi dari Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS , Alumni Universitas Ciputra, dan 3 orang dari Jurusan Teknik Informatika ITATS. Juara Ke-1 didapat oleh Tim P. DAVID dari Universitas Ciputra.

Foto Bersama Juara I, Juara II dan Juara III beserta Juri dan Dubes AS dan Brian
Foto Bersama Juara I, Juara II dan Juara III beserta Juri dan Dubes AS dan Brian

Diacara tersebut secara aklamasi ditentukan Satu Pemenang Lagi, dengan Kode BEST CODE IMPACT. Pemenang dari Kriteria BEST CODE IMPACT akhirnya didapat oleh Tim CRIME MAP. Sehingga TIM CRIME MAP menyabet dua Gelar Sekaligus :

  1. JUARA II – ANGELHACK 2016
  2. BEST CODE IMPACT – ANGELHACK 2016
Gambar Foto tim CRIME MAP dengan Mr. Brian Collins Chief Marketing Officier Angelhack
Foto tim CRIME MAP dengan Mr. Brian Collins Chief Marketing Officier Angelhack

(ar/dn)

One thought on “1st angelhack – ANYONE.CAN.CODE – di Indonesia

  1. Kegiatan semacam ini sangat berguna sekali loh… Bisa membuat masyarakat luas lebih mengerti bahwa pemrograman itu adalah salah satu peran utama pada teknologi informasi komputer. Selamat buat para pemenang dan mampir ke web official kursus pemrograman di Surabaya dan Sidoarjo ya… Bisa lihat profil kami di http://flashcomindonesia.com/profil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *