15 Aplikasi Terbaik di Hackathon Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest 10

15 Aplikasi Terbaik di Hackathon Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest 10

Pada tanggal 9 hingga 10 September 2016 kemarin, Indosat Ooredoo mengadakan sebuahhackathon untuk menyambut kontes inovasi yang akan mereka selenggarakan tahun ini, yaitu Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-10. Dalam hackathon yang berlangsung di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) tersebut, terkumpul sekitar 70 tim dari berbagai daerah di tanah air yang harus beradu membuat aplikasi selama 24 jam penuh.

Berikut ini adalah 15 aplikasi terbaik yang berhasil dibuat oleh para peserta Hackathon IWIC 10.


Juara pertama – PegiHaji

Ibadah Haji | Ilustrasi

PegiHaji adalah marketplace yang bisa memudahkan seorang calon jamaah haji atau umrah untuk memilih paket perjalanan ibadah yang sesuai dengan keinginan mereka. PegiHaji juga sudah membuat aplikasi yang dilengkapi dengan fitur doa, penunjuk lokasi, hingga panic button agar jamaah haji dan umrah tidak tersesat saat beribadah di tanah suci.


Juara kedua – Colournesia

Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Colournesia berusaha membuat aktivitas mewarnai gambar menjadi lebih menyenangkan. Dengan aplikasi Colournesia, sebuah gambar akan tampak nyata, dengan warna yang sesuai dengan warna yang kamu berikan pada gambar tersebut.


Juara ketiga – Cuci Cuci

Cuci Cuci adalah aplikasi yang menghubungkan para penyedia jasa laundry dengan konsumen mereka. Aplikasi ini juga bisa memudahkan kamu untuk menemukan jasa laundry yang bisa mencuci pakaian sesuai dengan waktu yang kamu inginkan, yang lokasinya tak jauh dari rumah kamu.


AR-Chemist

Unsur Kimia | Ilustrasi

AR-Chemist adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi AR untuk membantu kamu dalam memahami pelajaran kimia. Di dalam aplikasi AR-Chemist, kamu harus menebak unsur-unsur yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah senyawa tertentu, dan bisa melihat susunan atom senyawa tersebut dengan lebih nyata.


Home Assistant

Home Assistant adalah sebuah solusi rumah pintar yang bisa membantu mengontrol penggunaan lampu, serta berbagai alat elektronik di rumah kamu secara otomatis. Dibuat oleh developer dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Home Assistant berniat untuk melakukan monetisasi dengan cara menjual berbagai perangkat untuk mendukung rumah pintar yang mereka sediakan.


Sewa.in

Sewa.in adalah sebuah platform iklan baris untuk barang-barang sewaan. Di platform ini, kamu bisa menemukan orang yang bisa menyewakan berbagai barang, mulai dari pakaian, kamar kost, hingga alat-alat elektronik, untuk kemudian menghubungi orang tersebut.


Simple Translator with AR (STAR)

google-translate

Simple Translator with AR (STAR) adalah sebuah aplikasi penerjemah yang memanfaatkan teknologi AR agar bisa langsung menerjemahkan tulisan, baik tulisan cetak maupun tulisan tangan. Sayangnya, STAR belum bisa langsung memunculkan hasil terjemahan di dalam gambar, seperti yang bisa kita lakukan dengan Google Translate.

Saat ini STAR sudah bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan sebaliknya.


Space Nin

Space Nin adalah sebuah game yang mengisahkan tentang seorang ninja alien yang terjebak di sebuah planet penuh makhluk asing. Kamu harus bertahan selama mungkin, demi meraih poin terbanyak. Uniknya, Space Nin mengusung desain pixel art yang banyak diminati gamerlawas.


Tutormu

Tutormu adalah aplikasi yang bisa menghubungkan kamu dengan tutor-tutor berkualitas. Berbeda dengan RuangGuru, Tutormu berusaha mendorong proses belajar mengajar secara berkelompok, tidak secara perseorangan.


Pasar Sehat

Membeli Sayuran dengan Aplikasi | Ilustrasi

Pasar Sehat adalah aplikasi yang bisa membantu masyarakat untuk mengetahui harga-harga bahan pokok seperti beras, cabai, dan daging di pasar. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu dalam membedakan bahan pokok yang berkualitas baik dan tidak.


E-TEFL

E-TEFL adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu mempersiapkan diri untuk tes TOEFL. Dengan E-TEFL, kamu bisa berlatih mengerjakan berbagai soal mulai dari Structure, Reading, hingga Listening.


Tarakan Project

Tarakan Project adalah aplikasi yang berusaha memadukan teknologi AR seperti yang digunakan Pokémon GO dengan unsur kebudayaan daerah. Sebuah mal maupun tempat wisata bisa menggunakan aplikasi yang dibuat Tarakan Project untuk membuat tantangan menemukan hewan atau benda di lokasi tertentu lewat teknologi AR, sehingga membuat tempat-tempat tersebut bisa ramai pengunjung.


Fitwigo

Futsal | Feature Image

Fitwigo adalah aplikasi yang bisa menghubungkan para pecinta olahraga seperti basket maupun futsal, untuk berlatih bersama. Berbeda dengan aplikasi sejenis yang sudah ada, Fitwigo tak hanya memfasilitasi para pengguna yang ingin bermain untuk kesenangan, tapi juga membantu para pengguna yang ingin berlatih untuk menjadi atlet profesional.


Gooidee

Gooidee adalah platform yang bisa menghubungkan turis mancanegara dengan guide lokal di Indonesia. Para guide yang bergabung dengan Gooidee bisa menawarkan tur-tur khusus untuk diikuti para wisatawan, beserta biaya yang dibutuhkan.


Maddy UML

Maddy UML adalah sebuah aplikasi yang bisa mengubah kode program dalam bahasa pemrograman Java menjadi Unified Modeling Language (UML). UML sendiri merupakan bahasa dan desain yang sering digunakan untuk membuat dokumentasi dari sebuah program.

Sumber: TechInAsia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *