Dua Tim Informatika ITATS – Lolos Hackathon IWIC 9 – Jakarta 2015

Dua Tim Informatika ITATS – Lolos Hackathon IWIC 9 – Jakarta 2015

IWIC merupakan salah satu ajang bergengsi dikalangan muda-mudi, pelajar, mahasiswa dan umum. IWIC kependekan dari Indosat Wireless Innovation Contest, merupakan salah satu program dari INDOSAT dibidang Teknologi Informasi.

Logo IWIC 9 2015
Gambar 1. Logo IWIC 9 2015

Kali ini IWIC 9 didukung oleh Internet.org by facebook, Kompas Gramedia, Founder Institute, harukaedu, Crowdtivate, i-aplikazone, Yayasan Cendikia Indosat, dicoding dan juga Kidzania.

Pendukung event IWIC 9
Gambar 2. Pendukung event IWIC 9

Salah satu program di IWIC 9 adalah HACKATHON. HACKATHON adalah suatu kegiatan dimana para pengembang (developer) akan membuat aplikasi dalam waktu marathon 1×24 jam. Di event Hackathon ini TEKNIK INFORMATIKA – ITATS meloloskan dua timnya diajang bergengsi ini. Ini merupakan kali kedua keikutsertaan informatika ITATS. Dimana ditahun sebelumnya Informatika ITATS belum dapat menembus event di IWIC 8.

Kali ini Tim Informatika ITATS diwakili oleh Tim AGIL dan Tim GRIKO. Tim AGIL beranggotakan AGIL ARIS PRABANDARU, ACHMAD YAMA RONI S dan WAHYU TJAHYA ROMADHON, sedangkan tim GRIKO beranggotakan GRIKO MUHAMMAD SULTAN NIBRAS, MUHAMMAD HILMY FAWWAZ R dan FAISAL INDRAWAN. Keenam-enamnya merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika – ITATS tahun 2014. Kedua tim dari Informatika ITATS ini mengembangkan GAME pada event kali ini.

Para Pengembang Game Informatika ITATS
Gambar 3. Para Pengembang Game Informatika ITATS

Gambar 3. Merupakan kegiatan beberapa menit sebelum proses Hackathon dimulai. Disini tim Informatika melakukan proses pencernihan cuaca pikiran dan hati untuk proses tantangan yang ada di Hackathon 2015.

Proses Pengembangan Game di HACKATHON IWIC 9
Gambar 4. Proses Pengembangan Game di HACKATHON IWIC 9

Wahyu (kiri) dan Agil (kanan) saat mengembangkan game di Hackathon IWIC 9. Gambar ini diambil pada Jumat 9 oktober 2015 sore hari jam 14.30. Kedua tim sedang bersusah payah mengembangkan game yang akan dijurikan keesokan harinya Sabtu tanggal 10 Oktober 2015.

Pada jam hari sabtunya mereka mempresentasikan game yang dibuatnya kepada para juri. Ketegangganpun menghinggapi tim dari Informatika ITATS. Wajah tegang, capek, rasa kantuk dan penat menghampiri mereka sesaat sebelum presentasi di depan para juri (gambar 5.)

Beberapa menit sebelum proses penjurian
Gambar 5. Beberapa menit sebelum proses penjurian

Disini Faisal (kiri), Fawwaz, Wahyu, Agil dan Griko (Kaos Merah) terllihat sangat tegang dan capek.

Tim Griko sesaat setelah proses presentasi didepan juri (Griko (kiri), Fawwaz dan Faisal (kanan/ baju hitam)
Gambar 6. Tim Griko sesaat setelah proses presentasi didepan juri (Griko (kiri), Fawwaz dan Faisal (kanan/ baju hitam)
Proses Presetasi tim Agil (bawah), Yama (tengah), Wahyu (atas)
Gambar 7. Proses Presetasi tim Agil (bawah), Yama (tengah), Wahyu (atas)

Semangat dan kemauan yang membara kali ini, ternyata masih belum menjadi bintang emas tim Informatika ITATS. Pada proses penjurian dan pengumuman HACKATHON IWIC 9 pun akhirnya diumumkan. Pemenang kali ini disabet oleh tim dari Kota Yogyakarta (Juara 1), Tim Kota Bandung (Juara 2) dan Juara Ketiga juga dari tim Kota Bandung.

Juara HACKATHON IWIC 9 tahun 2015 , Jakarta
Gambar 8. Juara HACKATHON IWIC 9 tahun 2015 , Jakarta
Tim 1 – Informatika ITATS – Faisal (kiri), Griko (Tengah) dan Fawwaz (kanan)
Gambar 9. Tim 1 – Informatika ITATS – Faisal (kiri), Griko (Tengah) dan Fawwaz (kanan)
Tim 2 – Informatika ITATS – Yama (kiri), Agil (Tengah), Wahyu (Kanan)
Gambar 10. Tim 2 – Informatika ITATS – Yama (kiri), Agil (Tengah), Wahyu (Kanan)

Semangat Juara ini yang harus dimiliki oleh semua pengembang game, di ITATS sampai kapanpun. Goodjob Guys…Kalian memang yang terbaik…Semangat tuk Tim Game Developer and Virtual Reality ITATS (GDVRI).

Semoga Tahun depan menjadi milikmu…

Sumber2 TIM INFORMATIKA ITATS – LOLOS HACKATHON IWIC 9 – JAKARTA 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *