Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) 15 Februari 2018 lalu mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang diketuai oleh Bapak Febri Liantoni, S.ST., M.Kom. ini ditujukan guna melatih anak-anak SMA dan SMK yang ada di Surabaya untuk mengasah kemampuannya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya yang menjadi bidang garapan jurusan Teknik Informatika ITATS. Ada tiga jenis pelatihan yang diselenggarakan pada kegiatan tersebut, yaitu Pelatihan Pembuatan Game dengan Menggunakan Construct 2.0, Pelatihan Pengenalan Matlab untuk Komputasi Algoritma, dan Pelatihan Simulasi Jaringan Komputer menggunakan Packet Tracer. Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Informatika dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Informatika, Ibu Rinci Kembang Hapsari, S.Si.,M.Kom.

Ketua Jurusan Informatika ITATS
Ibu Rinci Kembang Hapsari, S.Si., M.Kom. – Ketua Jurusan Teknik Informatika ITATS

Kegiatan ini diikuti oleh tiga SMA/SMK di Surabaya, yaitu SMA Negeri 20, SMK Dr. Soetomo, dan SMK Negeri 10. Lebih dari 50 siswa mengikuti pelatihan ini.

Peserta Pelatihan
Peserta Pelatihan

Kegiatan dimulai dengan acara temu alumni Jurusan Teknik Informatika di Ruang A-409. Dua alumni yang menghadiri acara ini adalah Iva Diana Sari dan Rani Indrastia. Iva Diana Sari merupakan pemilik CV Global Media Asia yang bergerak di bidang desain grafis dan animasi. Alumni kedua yang hadir yaitu Rani Indrastia, merupakan Manajer Analis Data di RapidMiner, Cina.

 Iva Diana Sari dengan Ketua Kegiatan PKM – Febri Iva Diana Sari dengan Ketua Kegiatan PKM – Febri Lianto Liantoni
Pemberian Kenang-Kenangan kepada Iva Diana Sari oleh Ketua Panitia
Rani Indrastia dengan Ketua PKM – Febri Liantoni
Pemberian Kenang-Kenangan kepada Rani Indrastia oleh Ketua Panitia

Usai acara temu alumni, peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Tiap kelompok mengikuti pelatihan yang berbeda-beda pada tiga laboratorium, yakni pelatihan Pembuatan Game di Laboratorium Bahasa Pemrograman, pelatihan Matlab di Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak, serta pelatihan Simulasi Jaringan yang diselenggarakan di Laboratorium Jaringan Komputer.

Bapak Andy Rachman, S.T., M.Kom., Tentor, Asisten Laboratorium, dan Peserta Pelatihan Pembuatan Game
Bapak Andy Rachman, S.T., M.Kom., Tentor, Asisten Laboratorium, dan Peserta Pelatihan GameDev
Ibu Weny M. Rahmawati, S.Kom., M.Kom., M.Sc. dan Peserta Pelatihan Matlab untuk Komputasi Algoritma
Ibu Weny M. Rahmawati, S.Kom., M.Kom., M.Sc. dan Peserta Pelatihan Matlab untuk Komputasi
Ibu Annisa Sri Indrawanti, S.Kom., M.Kom. dan Peserta Pelatihan Simulasi Jaringan
Ibu Annisa Sri Indrawanti, S.Kom., M.Kom. dan Peserta Pelatihan Simulasi Jaringan