Silabus Grafika Komputer

SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                                      :    Teknik Informatika

Kode / Nama Mata Kuliah                   :    16063406 / Grafika Komputer

Jumlah SKS / Semseter                        :    3 SKS / III

Mata Kuliah Pra Syarat                        :    Aljabar Linier

Capaian Pembelajaran Lulusan           :

  1. Menguasai konsep    dan    teori    dasar    bidang    informatika    Menguasai  teori    dan
  2. penerapan    ilmu    di    bidang    keahlian    komputasi    cerdas    dan   visualisasi  Memiliki  kreatifitas    dalam    mengembangkan    berbagai   alternatif    solusi
  3. Mengetahui etika    profesi
  4. Mampu bekerjasama

Capaian Pemebelajaran Mata Kuliah  :

  1. Mahasiswa mampu    menjelaskan    dasar-­‐dasar    sistem    grafika    dan   graphics    pipeline    dalam  pustaka    grafika.
  2. Mahasiswa mampu   mendemonstrasikan   program   grafik   sederhana,   berdasarkan
  3. Mahasiswa          mampu           membuat           program           grafik           yang memanfaatkan        World    Windows    dan    Viewport.
  4. Mahasiswa mampu    membuat    program    aplikasi    grafik    interaktif   sederhana.
  5. Mahasiswa mampu    menjelaskan    vector    tools.
  6. Mahasiswa   mampu   menjelaskan    konsep  geometri,  representasi, dan transformasi  objek.
  7. Mahasiswa   mampu    membuat   program    grafik   yang   melibatkan   konsep   transformasi
  8. Mahasiswa  mampu   menjelaskan  konsep pemodelan objek  menggunakan Polygonal
  9. Mahasiswa mampu   menjelaskan   konsep   hirarki   dalam   pemodelan   objek   2D   dan  3D.
  10. Mahasiswa mampu    menerapkan    konsep    3D    viewing    ke    dalam    program
  11. Mahasiswa  mampu    menerapkan    konsep    rendering    ke    dalam    program    grafik.
  12. Mahasiswa  mampu    menjelaskan    konsep    raster    display.
  13. Mahasiswa mampu    menerapkan    konsep    penggambaran    kurva    dan    permukaan    ke dalam program grafik
POKOK BAHASAN ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Dasar-­‐dasar    sistem    grafika    dan    pemrograman    grafika    menggunakan    pustaka    grafika    (OpenGL    dan    Direct3D), LCD Projector, Laptop / – / FS    Hill    Jr,    “Computer    Graphics    using    OpenGL”.
World    window    dan    viewport LCD Projector, Laptop / – / .                    Edward        Angel,        “Interactive        Computer        Graphics:        A        Top-­‐Down          Approach        Using    OpenGL”,    Sixth    Edition,    Pearson    International    Inc,    2012.
Vector    tool LCD Projector, Laptop / – / Edward        Angel,        “Interactive        Computer        Graphics:        A        Top-­‐Down          Approach        Using    OpenGL”,    Sixth    Edition,    Pearson    International    Inc,    2012.
 Transformasi LCD Projector, Laptop / – / Edward        Angel,        “Interactive        Computer        Graphics:        A        Top-­‐Down          Approach        Using    OpenGL”,    Sixth    Edition,    Pearson    International    Inc,    2012.
Polygonal    Mesh,    Pemodelan    hirarki,

 

LCD Projector, Laptop / – / .                    Frank     Luna,     “Introduction     to     3D     Game     Programming     with     DirectX     11”,     Mercury    Learning    &    Information,    2012.
Viewing,    Rendering,    Raster    display LCD Projector, Laptop / – / Jason  Zink,    “Practical    Rendering    and    Computation    with    Direct3D”,    A    K    Peters,    2011.; .                    Frank     Luna,     “Introduction     to     3D     Game     Programming     with     DirectX     11”,     Mercury    Learning    &    Information,    2012.
Kurva    dan    permukaan LCD Projector, Laptop / – / Donald       Hearn       and       M.       Pauline       Baker,       “Computer       Graphics       with       OpenGL”,       3rd    Edition.

Download Silabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *