SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : Teknik Informatika
Kode / Nama Mata Kuliah : 16063406 / Grafika Komputer
Jumlah SKS / Semseter : 3 SKS / III
Mata Kuliah Pra Syarat : Aljabar Linier
Capaian Pembelajaran Lulusan :
- Menguasai konsep dan teori dasar bidang informatika Menguasai teori dan
- penerapan ilmu di bidang keahlian komputasi cerdas dan visualisasi Memiliki kreatifitas dalam mengembangkan berbagai alternatif solusi
- Mengetahui etika profesi
- Mampu bekerjasama
Capaian Pemebelajaran Mata Kuliah :
- Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-‐dasar sistem grafika dan graphics pipeline dalam pustaka grafika.
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan program grafik sederhana, berdasarkan
- Mahasiswa mampu membuat program grafik yang memanfaatkan World Windows dan Viewport.
- Mahasiswa mampu membuat program aplikasi grafik interaktif sederhana.
- Mahasiswa mampu menjelaskan vector tools.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep geometri, representasi, dan transformasi objek.
- Mahasiswa mampu membuat program grafik yang melibatkan konsep transformasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pemodelan objek menggunakan Polygonal
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep hirarki dalam pemodelan objek 2D dan 3D.
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep 3D viewing ke dalam program
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep rendering ke dalam program grafik.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep raster display.
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep penggambaran kurva dan permukaan ke dalam program grafik
POKOK BAHASAN | ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR |
Dasar-‐dasar sistem grafika dan pemrograman grafika menggunakan pustaka grafika (OpenGL dan Direct3D), | LCD Projector, Laptop / – / FS Hill Jr, “Computer Graphics using OpenGL”. |
World window dan viewport | LCD Projector, Laptop / – / . Edward Angel, “Interactive Computer Graphics: A Top-‐Down Approach Using OpenGL”, Sixth Edition, Pearson International Inc, 2012. |
Vector tool | LCD Projector, Laptop / – / Edward Angel, “Interactive Computer Graphics: A Top-‐Down Approach Using OpenGL”, Sixth Edition, Pearson International Inc, 2012. |
Transformasi | LCD Projector, Laptop / – / Edward Angel, “Interactive Computer Graphics: A Top-‐Down Approach Using OpenGL”, Sixth Edition, Pearson International Inc, 2012. |
Polygonal Mesh, Pemodelan hirarki,
| LCD Projector, Laptop / – / . Frank Luna, “Introduction to 3D Game Programming with DirectX 11”, Mercury Learning & Information, 2012. |
Viewing, Rendering, Raster display | LCD Projector, Laptop / – / Jason Zink, “Practical Rendering and Computation with Direct3D”, A K Peters, 2011.; . Frank Luna, “Introduction to 3D Game Programming with DirectX 11”, Mercury Learning & Information, 2012. |
Kurva dan permukaan | LCD Projector, Laptop / – / Donald Hearn and M. Pauline Baker, “Computer Graphics with OpenGL”, 3rd Edition. |