SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : Teknik Informatika
Kode / Nama Mata Kuliah : 16065308/ Interaksi Manusia dan Komputer
Jumlah SKS / Semseter : 2 SKS/ V
Mata Kuliah Pra Syarat : Pemrograman Berorientasi Obyek
Capaian Pembelajaran Lulusan :
- Menguasai konsep dan teori dasar bidang informatika
- Menguasai konsep dan penerapan bidang keahlian rekayasa perangkat lunak
Capaian Pemebelajaran Mata Kuliah :
- Mahasiswa mampu mendiskusikan mengapa pengembangan perangkat lunak yang berpusat pada pengguna itu penting.
- Mahasiswa mampu memahami aturan/pedoman dasar dalam pengembangan perangkat lunak berikut desain interaksinya dengan mempertimbangkan aspek fisik, psikologi dan sosial
- Mahasiswa mampu mengembangkan dan menggunakan konsep permodelan, umpan balik untuk menganalisa interaksi antara manusia dengan perangkat
- Mahasiswa mampu mendefinisikan proses desain yang berfokus pada pengguna yang secara eksplisit menempatkan pengguna bukan sebagai pem
- Mahasiswa mampu membangun aplikasi sederhana beserta petunjuk penggunaan, serta dokumentasinya yang mendukung antar muka pengguna.
- Mahasiswa mampu membuat dan melakukan tes ketepatgunaan (Usability Test) pada perangkat lunak yang telah dikembangkan, melakukan evaluasi secara kuantitatif (utilitas, efisiensi, tingkat kemudahan penggunaan, dan tingkat kepuasan pengguna), dan melaporkannya.
- Mahasiswa mampu melaporkan dan mendiskusikan perkembangan teknologi interaksi natural (Natural User Interface) termutakhir: antarmuka sentuh (Multi-‐ touch), antarmuka gerakan(Gesture), antarmuka gelombang otak (Electroencephalography), antarmuka gelombang otot (Electromyography).
POKOK BAHASAN | ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR |
Prinsip dasar tentang manusia, komputer, dan paradigma interaksi | LCD Projector, Laptop / – / Alan Dix, Janet E. Finlay, Gregory D. Abowd, and Russell Beale. Human-‐Computer Interaction (3rd Edition). Prentice-‐Hall, Inc., Upper Saddle River, NJ, USA. 2003. |
Prinsip dasar proses desain, permodelan, dan teori pada Interaksi Manusia dan Komputer (HCI) | LCD Projector, Laptop / – / / Alan Dix, Janet E. Finlay, Gregory D. Abowd, and Russell Beale. Human-‐Computer Interaction (3rd Edition). Prentice-‐Hall, Inc., Upper Saddle River, NJ, USA. 2003. |
Proses pembangunan aplikasi yang berfokus pada pengguna | LCD Projector, Laptop / – / Johnson, Jeff. Designing with the mind in mind: Simple guide to understandinguser interface design rules. Morgan Kaufmann, 2010 |
Evaluasi-‐evaluasi pada perangkat lunak: utilitas, efisiensi, tingkat kemudahan penggunaan, dan tingkat kepuasan pengguna | LCD Projector, Laptop / – / Johnson, Jeff. Designing with the mind in mind: Simple guide to understandinguser interface design rules. Morgan Kaufmann, 2010 |
Kondisi fisik yang mempengaruhi desain antar muka: persepsi tentang warna, ergonomic | LCD Projector, Laptop / – / Wigdor, Daniel, and Dennis Wixon. Brave NUI world: designing natural user interfaces for touch and gesture. Elsevier, 2011. |
Model kognitif yang mempengaruhi desain interaksi: perhatian, persepsi dan pengenalan, perpindahan, ingatan | LCD Projector, Laptop / – / Johnson, Jeff. Designing with the mind in mind: Simple guide to understanding user interface design rules. Morgan Kaufmann, 2010. |
Model social yang mempengaruhi desain interaksi: budaya, komunikasi, jaringan, serta organisasi | LCD Projector, Laptop / – / Alan Dix, Janet E. Finlay, Gregory D. Abowd, and Russell Beale. Human-‐Computer Interaction (3rd Edition). Prentice-‐Hall, Inc., Upper Saddle River, NJ, USA. 2003. |
Prinsip-‐prinsip desain yang bagus dan pendesain yang bagus | LCD Projector, Laptop / – / Alan Dix, Janet E. Finlay, Gregory D. Abowd, and Russell Beale. Human-‐Computer Interaction (3rd Edition). Prentice-‐Hall, Inc., Upper Saddle River, NJ, USA. 2003. |
Antar muka untuk pengguna yang disable (buta, tuli, bisu), antar muka untuk pengguna dengan umur yang berbeda. | LCD Projector, Laptop / – / Alan Dix, Janet E. Finlay, Gregory D. Abowd, and Russell Beale. Human-‐Computer Interaction (3rd Edition). Prentice-‐Hall, Inc., Upper Saddle River, NJ, USA. 2003. |
Standar antar muka | LCD Projector, Laptop / – / Wigdor, Daniel, and Dennis Wixon. Brave NUI world: designing natural user interfaces for touch and gesture. Elsevier, 2011. |
Petunjuk penggunaan dan dokumentasi perangkat lunak | LCD Projector, Laptop / – / Johnson, Jeff. Designing with the mind in mind: Simple guide to understanding user interface design rules. Morgan Kaufmann, 2010 |
Prinsip prototipe kertas (Paper Prototyping) | LCD Projector, Laptop / – / Donald A. Norman. The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books, 2013. |
Prinsip desain antarmuka grafis (GUI) | LCD Projector, Laptop / – / Donald A. Norman. The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books, 2013. |
Pengkajian teknologi termutakhir pada antarmuka natural (Natural User Interface) | LCD Projector, Laptop / – / Donald A. Norman. The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books, 2013. |