Informatika ITATS: Menuju Event Internasional GMASA 2017

Informatika ITATS: Menuju Event Internasional GMASA 2017

Berbagai event atau kegiatan berskala internasional telah diikuti oleh jurusan Teknik Informatika ITATS. Kegiatan berikutnya yang akan diikuti kembali oleh perwakilan mahasiswa Teknik Informatika adalah forum aplikasi game dunia yang bernama Global Mobile App Summit and Awards (GMASA) 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya diselenggarakan di India pada 2016 silam. Indonesia perlu berbangga mengingat tahun ini mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan berskala internasional tersebut. Sebagaimana yang diberitakan oleh detik.com, Venkatesh CR, Founder dan Chairman GMASA, menyebutkan bahwa Indonesia dipilih mengingat cukup besarnya market di Indonesia, penetrasi smartphone yang semakin meningkat, serta infrastruktur jaringan di Indonesia yang juga semakin membaik.

Perwakilan mahasiswa Teknik Informatika yang akan mengikuti kegiatan tersebut merupakan mahasiswa-mahasiswa yang tergabung dalam Collider, komunitas pengembangan game di jurusan Teknik Informatika ITATS. Ketika ditanya soal kesiapan mereka dalam menghadapi kegiatan yang juga akan memberikan anugerah (awards) kepada para pengembang indie tersebut, mereka hanya menjawab, “Kami siap”. Tidak heran, karena sebelumnya para anggota Collider sendiri juga telah beberapa kali mengikuti kompetisi atau kegiatan-kegiatan sejenis, baik pada tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Keikutsertaan Collider ini haruslah dipandang pula oleh komunitas-komunitas lain di jurusan Teknik Informatika sebagai pemicu semangat anggotanya dalam berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas partisipasi aktif mahasiswa dalam kompetisi atau perlombaan di ranah IT. Sebagai informasi, Teknik Informatika ITATS juga memiliki dua komunitas lain, yakni devITApp (Developer ITATS: Application Side) yang mendalami pengembangan aplikasi dan CSI (Cyber Security ITATS) yang mendalami keamanan siber (digital). Keberadaan komunitas-komunitas ini merupakan salah satu penggerak kekuatan Teknik Informatika ITATS untuk dapat mewujudkan visinya yakni unggul dalam bidang Teknik Informatika dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Kegiatan GMASA ini akan berlangsung di Balai Kartini, Jakarta pada 26 Januari 2017 mendatang. Tidak hanya diisi oleh pameran dari berbagai pengembang seluruh dunia, pengunjung GMASA dapat pula mengikuti seminar, diskusi panel, sesi networking, lokakarya, dan Indie Pitch Fest pada hari-H kegiatan. Hingga 15 Desember kemarin, beritagar.id, selaku mitra media resmi GMASA 2017, memberitakan bahwa 120 lebih developer dari seluruh dunia telah terdaftar pada kegiatan tersebut. (nfr/dn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *