Silabus Interaksi Manusia dan Komputer

SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                                      :    Teknik Informatika

Kode / Nama Mata Kuliah                   :    16065308/ Interaksi Manusia dan Komputer

Jumlah SKS / Semseter                        :    2 SKS/ V

Mata Kuliah Pra Syarat                        :    Pemrograman Berorientasi Obyek

Capaian Pembelajaran Lulusan           :

  1. Menguasai konsep    dan    teori    dasar    bidang    informatika
  2. Menguasai konsep    dan    penerapan    bidang    keahlian    rekayasa    perangkat    lunak

Capaian Pemebelajaran Mata Kuliah  :

  1. Mahasiswa      mampu       mendiskusikan       mengapa       pengembangan      perangkat       lunak  yang    berpusat    pada    pengguna    itu    penting.
  2. Mahasiswa     mampu      memahami      aturan/pedoman      dasar      dalam      pengembangan    perangkat      lunak    berikut    desain     interaksinya    dengan     mempertimbangkan     aspek    fisik,    psikologi    dan    sosial
  3. Mahasiswa      mampu       mengembangkan       dan       menggunakan       konsep       permodelan,    umpan      balik       untuk       menganalisa       interaksi       antara       manusia       dengan      perangkat
  4. Mahasiswa mampu   mendefinisikan   proses   desain   yang   berfokus   pada   pengguna  yang    secara    eksplisit    menempatkan    pengguna    bukan    sebagai    pem
  5. Mahasiswa                mampu                 membangun                 aplikasi                 sederhana                 beserta                 petunjuk  penggunaan,  serta    dokumentasinya    yang    mendukung    antar    muka    pengguna.
  6. Mahasiswa mampu   membuat  dan melakukan   tes   ketepatgunaan   (Usability Test) pada perangkat   lunak yang  telah  dikembangkan, melakukan evaluasi secara kuantitatif  (utilitas,  efisiensi, tingkat     kemudahan  penggunaan, dan tingkat  kepuasan pengguna),    dan    melaporkannya.
  7. Mahasiswa mampu melaporkan dan  mendiskusikan  perkembangan teknologi   interaksi natural (Natural User Interface) termutakhir: antarmuka sentuh  (Multi-­‐ touch), antarmuka gerakan(Gesture), antarmuka gelombang otak  (Electroencephalography), antarmuka gelombang    otot  (Electromyography).
POKOK BAHASAN ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Prinsip  dasar    tentang    manusia,    komputer,    dan    paradigma    interaksi LCD Projector, Laptop / – / Alan    Dix,    Janet    E.    Finlay,    Gregory    D.    Abowd,    and    Russell    Beale.    Human-­‐Computer    Interaction    (3rd    Edition).    Prentice-­‐Hall,    Inc.,    Upper    Saddle    River,    NJ,    USA.    2003.
Prinsip  dasar    proses    desain,    permodelan,    dan    teori    pada    Interaksi    Manusia    dan    Komputer    (HCI) LCD Projector, Laptop / – / / Alan    Dix,    Janet    E.    Finlay,    Gregory    D.    Abowd,    and    Russell    Beale.    Human-­‐Computer    Interaction    (3rd    Edition).    Prentice-­‐Hall,    Inc.,    Upper    Saddle    River,    NJ,    USA.    2003.
Proses  pembangunan    aplikasi    yang    berfokus    pada    pengguna LCD Projector, Laptop / – / Johnson,    Jeff.     Designing    with    the    mind    in    mind:    Simple    guide    to    understanding

user  interface    design    rules.    Morgan    Kaufmann,    2010

Evaluasi-­‐evaluasi    pada    perangkat    lunak:    utilitas,    efisiensi,    tingkat    kemudahan    penggunaan,  dan    tingkat    kepuasan    pengguna LCD Projector, Laptop / – / Johnson,    Jeff.     Designing    with    the    mind    in    mind:    Simple    guide    to    understanding

user  interface    design    rules.    Morgan    Kaufmann,    2010

Kondisi  fisik    yang    mempengaruhi    desain    antar    muka:    persepsi    tentang    warna,    ergonomic LCD Projector, Laptop / – / Wigdor,      Daniel,      and      Dennis      Wixon.      Brave      NUI      world:      designing      natural      user  interfaces  for    touch    and    gesture.    Elsevier,    2011.
Model  kognitif    yang    mempengaruhi    desain    interaksi:    perhatian,    persepsi    dan    pengenalan,  perpindahan,    ingatan LCD Projector, Laptop / – / Johnson,    Jeff.     Designing    with    the    mind    in    mind:    Simple    guide    to    understanding  user  interface    design    rules.    Morgan    Kaufmann,    2010.
Model  social    yang    mempengaruhi    desain    interaksi:    budaya,    komunikasi,    jaringan, serta organisasi LCD Projector, Laptop / – / Alan    Dix,    Janet    E.    Finlay,    Gregory    D.    Abowd,    and    Russell    Beale.    Human-­‐Computer    Interaction    (3rd    Edition).    Prentice-­‐Hall,    Inc.,    Upper    Saddle    River,    NJ,    USA.    2003.
Prinsip-­‐prinsip    desain    yang    bagus    dan    pendesain    yang    bagus LCD Projector, Laptop / – / Alan    Dix,    Janet    E.    Finlay,    Gregory    D.    Abowd,    and    Russell    Beale.    Human-­‐Computer    Interaction    (3rd    Edition).    Prentice-­‐Hall,    Inc.,    Upper    Saddle    River,    NJ,    USA.    2003.
Antar  muka    untuk    pengguna    yang    disable    (buta,    tuli,    bisu),    antar    muka    untuk    pengguna  dengan    umur    yang    berbeda. LCD Projector, Laptop / – / Alan    Dix,    Janet    E.    Finlay,    Gregory    D.    Abowd,    and    Russell    Beale.    Human-­‐Computer    Interaction    (3rd    Edition).    Prentice-­‐Hall,    Inc.,    Upper    Saddle    River,    NJ,    USA.    2003.
Standar  antar    muka LCD Projector, Laptop / – / Wigdor,      Daniel,      and      Dennis      Wixon.      Brave      NUI      world:      designing      natural      user  interfaces  for    touch    and    gesture.    Elsevier,    2011.
Petunjuk  penggunaan    dan dokumentasi    perangkat    lunak LCD Projector, Laptop / – / Johnson,    Jeff.     Designing    with    the    mind    in    mind:    Simple    guide    to    understanding  user  interface    design    rules.    Morgan    Kaufmann,    2010
Prinsip  prototipe    kertas    (Paper    Prototyping) LCD Projector, Laptop / – / Donald  A.    Norman.    The    Design    of    Everyday    Things:    Revised    and    Expanded    Edition.    Basic    Books,    2013.
Prinsip  desain    antarmuka    grafis    (GUI) LCD Projector, Laptop / – / Donald  A.    Norman.    The    Design    of    Everyday    Things:    Revised    and    Expanded    Edition.    Basic    Books,    2013.
Pengkajian  teknologi    termutakhir    pada    antarmuka    natural    (Natural    User    Interface) LCD Projector, Laptop / – / Donald  A.    Norman.    The    Design    of    Everyday    Things:    Revised    and    Expanded    Edition.    Basic    Books,    2013.

Download Silabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *