Peringkat 13 Nasional ELINFO 2014 – IT Competition for Mobile Apps Development

Peringkat 13 Nasional ELINFO 2014 – IT Competition for Mobile Apps Development

Teknik Informatika – Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, beberapa waktu yang lalu mengikuti Kompetisi Pemrograman Tingkat Nasional, tepatnya tanggal 22 – 23 November  2014. Kompetisi tersebut diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta tepatnya di Gedung KPLT Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan tersebut di-bundle pada ELINFO 2014 (Electronics and Informatics Competition), dimana pada ELECTRONICS COMPETITIONS topik lomba yang diselenggarakan adalah ROBORACE COMPETITION – LINE FOLLOWER CONTEST sedangkan pada INFORMATICS COMPETITION topik lomba yang diselenggarakan adalah INFORMATION TECHNOLOGY – MOBILE APPS DEVELOPMENT. “ KREATIVITAS TANPA BATAS MEMBANGUN TEKNOLOGI YANG BERKUALITAS” merupakan tema yang harus diperhatikan oleh para peserta lomba. Kompetisi tersebut merebutkan TROPHY KEMENPORA.

Baca selanjutnya disini 

Cover_01
Gambar 1. Informasi Kompetisi IT dan ROBORACE pada ELINFO 2014

Teknik Informatika pada Kompetisi tersebut diwakili oleh dua mahasiswa yang mempunyai kemampuan memprogram yang sangat tinggi, yaitu Ari Faradisa dan M. Reza Pahlevi. M.Reza Pahlevi merupakan salah satu mahasiswa Teknik Informatika yang memiliki Sertifikasi Kompetensi untuk PROGRAMMING.

REza Pahlevi BNSP_2
Gambar 2. Sertifikasi BNSP Reza Pahlevi

Ari Faradisapun juga merupakan salah satu programmer handal dari Jurusan Teknik Informatika dimana debutnya pada Research Expo And Competition for ASIA (REOC 2014) waktu lalu di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menjadi bukti kesuksesan jurusan Teknik Informatika pada ELINFO 2014.

Ari dan Reza
Gambar 3. Dua Programmer Handal Jurusan Teknik Informatika pada ELINFO 2014

Pada kompetisi tersebut Teknik Informatika meluncurkan aplikasi pembantu manajemen file. Aplikasi tersebut berbasiskan android. Oleh Tim, Aplikasi tersebut dinamakan “LOKERKU”. Ari Faradisa dan M. Reza Pahlevi dibimbing oleh dua orang dosen: Sulistyowati, ST.,M.Kom dan Andy Rachman, ST. Mereka membangun aplikasi LOKERKU dalam waktu hanya 14 Hari atau sekitar 2 Minggu dan hasilnya sangat membanggakan: Lolos Seleksi Nasional.

Pada saat kompetisi tim kami ditantang dalam event live coding, dimana masing-masing peserta (tim) yang lolos diharuskan menambahkan kemampuan dari aplikasi yang telah dibuatnya. Pada saat pengiriman aplikasi, tim LAST GENERATION dengan produknya LOKERKU, aplikasi yang dibangun adalah manajemen file, dimana pada saat lolos seleksi aplikasi yang dibangun hanya terkosentrasi pada manajemen file yaitu file yang ada akan di browse, lalu dipisahkan berdasarkan kategori,: aplikasi, dokumen,multimedia, compressed dan lain.

Lokerku-01
Gambar 4. Menu awal Aplikasi LOKERKU.

Proses scanning aplikasi dilakukan secara otomatis lalu dilanjutkan dengan peletakkan data yang ada pada folder-folder yang telah ditentukan.

Lokerku_02
Gambar 5. Folder yang ada pada aplikasi

Lokerku-03
Gambar 6. Data yang telah dipindahkan secara otomatis pada folder yang ada

Pada saat live coding, Ari Faradisa dan M. Reza Pahlevi menambahkan fitur yang sangat mengesankan, yaitu Backup dan Sincronization dimana aplikasi tersebut saat melakukan proses backup dan sincronization menggunakan cloud computing. Meskipun dalam waktu kurang lebih 5 jam proses tersebut masih belum bisa diselesaikan dengan sempurna. Hal ini yang membuat tim kami sangat bersemangat untuk meningkatkan fitur dari aplikasi yang rencananya pada kuartal ketiga tahun 2015 aplikasi tersebut akan dirilis.

Ari Reza 2
Gambar 7. Detik-detik verikasi akhir pengeriman aplikasi LOKERKU – live coding.

Ari Reza 3
Gambar 8. Piagam Penghargaan bagi tim LOKERKU – Teknik Informatika ITATS

Sumber: kuliahso.wordpress.com/2014/12/18/peringkat-13-nasional-elinfo-2014-it-competition-for-mobile-apps-development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *